Minggu, 09 Oktober 2011

Slow Cooker-Kaldu Ayam

Saya suka masak pake slow cooker. Sekarang saya mau bikin kaldu ayam dengan mainan saya ini. Kaldu ayam ini bisa dipakai buat bikin kuah soto, soup, kuah mie instan, dll...disesuaikan dengan selera masing-masing. Kemarin saya bikin laksa dengan kaldu ayam seperti ini. Cara bikinnya gampang tinggal cemplung-cemplung aja. Kebetulan saya mau pergi keluar rumah agak lama, jadi kaldu ayam ini saya tinggal dan serahkan ke slow cooker. Saya set di LOW selama 10 jam biar kuahnya mantap..
Notes: Biasanya kaldu ayam kalau sudah matang, saya dinginkan dan bungkus keplastik untuk dimasukan ke frezer. Kaldu siap digunakan kapan saja.



Resep Slow Cooker-Kaldu Ayam:
- Tulang ayam (biasanya saya beli dipasar Rp.5000,-) dapat untuk satu wajan slow cooker
- 15 siung bawang merah
- 3 siung bawang putih
- 1 bawang bombay, potong kasar
- 3 liter air panas
- Seledri
- 1 sdt garam
- 1 sdt merica

Cara Bikin:
1. Cuci tulang ayam sampai bersih.
2. siapkan wajan sc, masukan bawang-bawangan sebagai dasar.
3. Masukan tulang ayam susun yang rapi.
4. Masukan air panas, beri garam dan merica.
5. Set slow cooker di LOW, masak selama 8-10 jam.
6. Matikan sc, dinginkan kaldu, simpan air kaldu dalam wadah.
 *Jangan lupa kaldu disaring saat mengangkat dari slow cooker.

Masukan bawang-bawangan dahulu sebagai alas kaldu.

 Masukan tulang ayam dan air panas 3 liter kedalam wajan.

 Set slow cooker di LOW masak selama 8-10 jam.

 Matikan slow cooker, angkat kaldu setelah dingin dan saring. Kaldu siap digunakan.

Review: Aroma kaldunya menggoda....I Love it....Bon Appetit...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar